Pengertian Bahasa Indonesia, Sejarah Dan Perkembanganya Lengkap

Pengertian Bahasa Indonesia, Sejarah Dan Perkembanganya Lengkap - halo teman-teman pada update perdana ini admin akan memberikan penjelasan dan informasi mengenai pengertian bahasa Indonesia secara singkat dan padat secara umum dan menurut para ahli. bahasa indonesia adalah bahasa resmi republik indonesia, maka dari itu kita sebagai bangsa indonesia harus tahu sejarah dan perkembangnya. silahkan simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Pengertian Bahasa Indonesia, Sejarah Dan Perkembanganya Lengkap

Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu yang di jadikan bahasa resmi republik Indonesia. bahasa indonesia resmi di gunakan setelah prokalamasi kemerdekaan Indonesia yang di kumandangkan oleh presiden soekarna atau yang akrab di sapa dengan bung karno. Jika di lihat dari sudut pandang linguistik, bahasa indonesia merupakan salah satu dari banyaknya ragam bahasa melayu, dasarnya adalah bahasa melayu wilayah kepulauan riau dari abad ke-19. Seiring perkembangan jaman, bahasa indonesia mengalami perubahan sejak di canangkanya sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928 guna menghindari kesan imperialisme bahasa. semenjak itu bahasa indonesia merupakan bahasa yang hidup dan terus menghasilkan kata-kata baru melalui penyerapan bahasa daerah maupun asing.

Masa Lalu Atau Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan varian bahasa melayu, yaitu sebuah bahasa austronesia dari cabang bahasa sunda dan sulawesi yang di gunakan sebagai lingua franca di nusantara, dan di duga sejak abad awal penanggalan modern. Bahasa indonesia lahir pada tanggal 28 oktober 1928 yang sekaligus merupakan hari sumpah pemuda. dalam salah satu isi sumpah pemuda nomer 3 yang berbunyi menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia. sejak itu bahasa indonesia di jadikan bahasa resmi di negara republik indonesia.

Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum Dan Khusus

1. Fungsi Bahasa indonesia secara umum : adalah sebagai sarana atau alat komunikasi secara lisan maupun dalam bentuk tulisan. selain itu untuk mengekspresikan diri dan sebagai alat berintegrasi dan beradabtasi sosial serta sebagai alat kontrol sosial.

2. Fungsi Bahasa Indonesia Secara Khusus : guna mewujudkan hubungan interaksi dalam kehidupan sehari-hari, bisa menggunakan bahasa format dan non formal.

Pengertian Bahasa Indonesia Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut hasan alwi,2002, 88 adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, di gunakan oleh semua orang untuk bekerja sama, berinteraksi, bekomunisaki dan mengindentifikasi dalam bentu percakapan yang baik serta tingkah laku dan sopan santun.

Oke teman-teman, demikian adalah ulasan mengenai pengertian bahasa indonesia menurut sejarah, para ahli dan fungsinya yang dapat admin tuliskan secara singkat. semoga informasi di atas bisa befamanfaat.

Postingan terkait: