Pengertian Media Massa, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Media Massa, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Menurut Para Ahli - kalau ada yang bertanya tentang apakah yang di maksud dengan media massa?, di sini admin akan mejawab dan membahasnya singkat, padat, akurat dengan tujuan supaya teman-teman semua menjadi lebih berwawasan. bagaiaman? apakah teman-teman semua sudah siap untuk menyimaknya, kalau sudah, mari kita mulai.

Pengertian Media Massa

Pengertian Media Massa

Media massa atau pers merupakan media yang di desain khusus untuk menyampaikan dan menyebarkan suatu pesan atau berita kepada masyarakat luas. dengan adanya media massa, berbagai informasi akan tersebar lebih cepat.

Tujuan Media Massa

1. Menjadikan Pesan Atau Informasi Menjadi Lebih Bernilai
Sebuah pesan memiliki arti dan nilai tersendiri tergantung dari isinya. pesan yang tidak memiliki nilai bisa di sebut dengan isu hoaks. maka dari itu sebisa mungkin sebuah media massa harus menjadikan sebuah pesan menjadi bernilai, sehingga masyarakat luas bisa mendapatkan sebuah informasi yang sebenarnya.

2. Menjadikan Pesan Atau Informasi Menjadi Lebih Terbuka
Pada masa orde baru, indonesia seakan di butakan oleh sebuah pesan atau informasi. padahal pada saat itu, pesan dan informasi merupakan sangatlah penting untuk kemakmuran bersama. setelah runtuhnya orde baru, kebebasan media massa atau pers menjadi amat begitu besar, yang membuat suatu informasi menjadi lebih cepat menyebar. meski penyampaian pesan menjadi lebih mudah dan terbuka, tetap saja semua itu harus berdasarkan bukti atau fakta yang ada.

3. Menjadikan Pesan Menjadi Lebih Hidup Dan Menarik
Makdunya di sini adalah, pesan memiliki pengaruh positif, membuat masyarakat atau publik menjadi tergerak hatinya oleh isi pesan yang di sebarkan oleh media massa.

4. Menjadikan Pesan Menjadi Lebih Jelas Dan Mudah Di Pahami
Membuat pesan menjadi lebih jelas, peran media massa di sini adalah menjadi penengah, memberikan bukti dan fakta yang sesuai, karena biasanya ada sebuah pesan ataupun informasi yang bertolak belakang, sehingga menimbulkan suatu pertanyaan-pertanyaan dalam hati seseorang.

Fungsi Media Massa

1. Fungsi media massa yang pertama adalah sebagai pemberi informasi kepada publik atau masyarakat umum dengan mudah, cepat dan tepat waktu.

2. Memiliki fungsi pengawasan terhadap sesuatu yang terjadi di masyarakat agar mereka bisa mengetahui dengan cepat, dan dapat mengecek atau mengkontrol kejadian tersebut dengan lebih mudah.

3. Sebagai bahan diskusi untuk memperjelas suatu permasalahan yang dihadapi masyarakat, serta menyampaikan pesan-pesan para pemuka masyarakat kepada lingkungan sekitar.

4. Sebagai pendidik atau pemberi pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai macam informasi.

5. Sebagai penafsir atau penerjemah atas realitas yang sedang terjadi di dalam masyarakat. dengan demikian masyarakat dapat mengetahui apa saja yang perlu di perhatikan tanpa perlu melakukan proses interpretasi.

6. Sebagai pemicu pembangunan supaya semakin berkembang dan memadai, karena kegagalan dari komunikasi dapat membuat pembangunan yang di lakukan oleh pemerinta menjadi terhambat.

Jeni-Jenis Media Massa

1. Media Cetak, contohnya seperti majalah, koran, surat kabar dll.
2. Media Elektronik, contohnya radio, tv, film, video, smartphone dll.
3. Media Siber, contohnya media sosial, website, portal berita, blog, dll.

Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli

1. Hamidjojo 1993, memberikan sebuah batasan media sebagai bentuk perantara yang digunakan untuk menyampaikan atau menyebarkan ide, gagasan, atau pendapat.

2. Erlach dan Ely 1971, memberikan penjelasan bahwa apabila media di pahami secara garis besar manusia dan materi dapat membangun kondisi yang membuat siswa dapat bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan.

3. Heinich, menurutnya bahwa istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.

4. Djamarah 1995, menjelaskan media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

5. Purnamawati dan Eldarni 2001, Menerangkan bahwa media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat seseorang untuk belajar.

Pahami Juga Tentang : Pengertian Memo, Fungsi Dan Contoh Memo

Semoga informasi mengenai pengertian media massa menurut para ahli di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, dan apa bila ada yang ingin mengerjakan atau membuat sebuah makalah maupun skripsi tentang penjelasan seputar media massa, artikel di atas mudah-mudahan bisa membantu.

Postingan terkait: