Pengertian Demokrasi, Prinsip Dan Bentuk-Bentuk Demokrasi

Pengertian Demokrasi, Prinsip Dan Bentuk-Bentuk Demokrasi - kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang pengertian demokrasi dengan prinsip dan bentuk-bentuknya. kita tahu bahwa negara indonesia adalah negara demokrasi, jadi kita sebagai warga atau penduduk yang lahir dan besar di indonesia harus paham mengenai apa itu demokrasi. selengkapnya bisa anda baca pada artikel di bawah ini.

Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari kata, bahasa atau istilah yunani kuno yaitu "demos" dan "kratos", demos artinya adalah khalayak ramai dan kratos artinya adalah pemerintahan. bila di artikan secara garis besar, demokrasi adalah pemerintahan rakyat.

Pengertian Demokrasi Secara Umum

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahhan di mana semua warga negaranya memiliki hak dalam pengambilan keputusan. selain itu demokrasi mengizinkan setiap warga negaranya ikut serta dalam perumusan ataupun pengembangan pembuatan hukum, baik secara langsung ataupun melalui perwakilan. demokrasi juga mencakup kondisi sosoial ekonomi dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Samuel Huntington
Menurut samuel huntingon, demokrasi tercipta jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem, dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing dengan cara yang sportif guna memperoleh suara.

Merriem
Menurut marriem, demokrasi adalah pemerintahan rakyat di mana kekuasaan tertinggi tetap ada pada rakyat dan dilakukan oleh mereka dengan cara mengadakan sebuah pemilu bebas yang diadakan secara periodik.

Hannry B. Mayo
Menurut beliau, demokrasi merupakan kebijaksanaan umum yang di tentukan atas dasar-dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang di dasarkan atas prinsip-prinsip kesamaan politik dan di selenggarakan dalam suasana dimana terjadi kebebasan politik.

C.F. Strong 
Beliau memaparkan demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan dimana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

Sidney Hook
Menurut sidney hook, demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana semua keputusan pemerintah yang sangat penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan meyoritas yang di berikan secara bebas dari rakyat dewasa.

Hans Kelsen
Menurut hans kelsen, demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat untuk rakyat yang melaksanakan kekuasaan negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. karenanya rakyat telah yakin bawha segala kehendak dan kepentinganya akan di perhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan negara.

Abraham Lincoln
Menurutnya demokrasi merupakan sistem pemerintahan, di selenggarakan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

John L. Esposito 
Pemikiran dari beliau, demokrasi merupakan kekuasaan dari dan untuk rakyat, oleh karana itu semuanya berhak untuk berpatisipasi untuk mengontrol berbagai kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah.

Charles Costello
Demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang di batasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan setiap warga negara.

Prinsip-Prinsip demokrasi

Prinsip demokrasi dan prasyarat berdirinya suatu negara demokrasi telah terakomodasi dalam konstitusi negara kesatuan republik indonesia. Prinsip-prinsip demokrasi dapat ditinjau dari pendapat almadudi yang kemudian dikenal dengan "soko guru demokrasi", menurutnya, prinsip-prinsip demokrasi adalah sebagai berikut.

- Kedaulatan rakyat
- Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah
- Kekuasaan mayoritas
- Hak-hak minoritas
- Jaminan hak asasi manusia
- Pemilihan yang bebas, adil dan jujur
- Persamaan di depan hukum
- Proses hukum yang wajar
- Pembatasan pemerintah secara konstitusional
- Pluralisme sosial, ekonomi, dan politik
- Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama, dan mufakat

Bentuk-Bentuk Demokrasi

Bentuk demokrasi secara umum ada dua, yaitu :

1. Demokrasi langsung
Demokrasi yang dimana setiap masyarakynya memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. sistem ini menerangkan bahwa setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan, sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik.

2. Demokrasi perwakilan
Dalam demokrasi perwakilan, seluruh rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.

Demikian adalah penjelasan atau pemaparan tentang pengertian demokrasi beserta prinsip dan bentuk-bentuknya, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Postingan terkait: