Pengertian Identitas Nasional, Faktor, Ciri-Ciri Contoh Dan Unsurnya

Pengertian Identitas Nasional, Faktor, Ciri-Ciri Contoh Dan Unsurnya - setiap manusia pasti memiliki ciri khas yang mendai identitas dirinya atau sebagai pembeda dengan orang lain. negara juga memiliki identitas sebagai pembeda dengan negara lain, biasanya hal ini terlihat dengan jelas dari nilai-nilai budayanya. berbicara mengenai identitas nasional, dibawah ini admin akan membahas dan memberikan penjelasanya lengkap.

Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional mencangkup banyak orang atau kelompok besar, seperti organisasi ataupun negara. berbeda dengan individu yang mencangkup kelompok yang lebih kecil ataupun perorangan. identitas nasional berasal dari kata "identitu" yang berarti ciri-ciri atau ciri khas yang menjadi pembeda orang atau kelompok satu dengan yang lainya. sedangkan untuk kata "nasional" merupakan suatu identitas yang mencangkup pada kelompok atau organisasi yang lebih besar.

Baca Juga : Pengertian Integrasi Nasional Contoh dan Faktonya

Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional merupakan suatu kumpulan nilai budaya yang tumbuh serta berkembang didalam macam-macam aspek kehidupan dari ratusan suku yang ada dan dihimpun dalam satu kesatuan. seperti indonesia dengan acuan pancasila dan bhineka tunggal ika yang merupakan dasar dan arah pengembangnya.


Pengertian Identitas Nasional Menurut Para Ahli

Koenta Wibisono, menurut beliau identitas nasional adalah manifestasi nilai budaya yang berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri khas tertentu yang berbeda dengan bangsa lain.

Dean A. Mix dan Sanda M. Hawley, identitas nasional menurut beliau adalah bangsa yang mempunyai bangunan politk seperti ketentuan-ketentuan jarak atau perbatasan territorial pemerintah yang sah guna mendapatkan sebuah pengakuah dari bangsa atau negara lain.

Koerniatmante, menurut beliau identitas nasional secara hukum mengatur mengenai kewarganegaraan sebagai suatu konsekuensi langsung dari berkembangan nasionalisme.
Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Nasional

Identitas nasional terbentuk karena adanya beberapa faktor yang mendukungnya, beberapa faktor tersebut adalah :

1. Praktik kegamaan, adalah ritual ataupun perbuatan menurut keyakinan setiap individu.

2. Primadonalisme, yaitu sikap kecintaan pada identitas berdasarkan golongan, persamaan etnis dan suku.

3. Sejarah bangsa, merupakan sebuah narasi masa lampau dari sebuah bangsa yang membentuk memori kolektif dalam masyarakat yang hidup pada zaman sekarang.

4. Pemimpin bangsa, yaitu tokoh tertinggi disuatu negara untuk memimpin bangsa supaya menjadi lebih sejahtera.

Ciri-Ciri Negara Dengan Identitas Nasional

Suatu negara memiliki perbedaan atau ciri khas yang berbeda dengan negara lainnya, semua itu dapat terlihat dari beberapa ciri-ciri berikut ini.

1. Karena adanya pola perilaku masyarakat yang menyangkut adat istiadat yang dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berkat adanya tujuan bersama yang ingin dicapai suatu bangsa yang tercermin dalam dasar negara dan konstitusinya.

4. Adanya alat kelengkapan yang dimiliki negara untuk melayani kebutuhan masyarakatnya seperti tempat ibadah, infastruktur dan lain sebagainya.

5. Adanya lambang atau simbol untuk mendeskripsikan visi, misi dan funsi dari sebuah negara.

Contoh Identitas Nasional Di Indonesia

- Mengetahui bahasa persatuan indonesia yang merupakan bahasa nasional dan harus kita ketahui karena sebagai alat komunikasi untuk semua masyarakat hidup dan lahir di negara indonesia.

- Keadulatan rakyat merupakan bentuk mutlak dari RI.

- Pancasila adalah sebuah lambang negara Indonesia.

- Bendera merah putih sebagai bendera pusaka yang melambangkan banga indonesia.

- Memiliki sebuah semboyan terkuat, yaitu bhineka tunggal ika.

- Memiliki sebuah lagu terbaik, yaitu lagu kebangsaan indonesia raya.

- UUD 1945 merupakan sebuah kenistitusi dasar dari negara Indonesia.

Unsur-Unsur Identitas Nasional

Identitas nasional dalam suatu negara dapat terbentuk dari beberapa unsur, dan berikut unsur-unsur tersebut.

1. Suku bangsa, merupakan golongan sosial yang khusus, individu dimilikinya sejak lahir dan bukan kuasanya untuk memilih.

2. Bahasa, merupakan golongan sosial yang didasarkan pada aspek-aspek simbolik yang dibentuk sebagai sarana interaksi.

3. Budaya, adalah golongan sosial yang didasarkan pada pengetahuan manusia secara kolektif digunakan untuk menafsir lingkunganya sehingga menjadi pedoman untuk bertindak dan menghasilkan karya.

4. Agama, yaitu golongan sosial yang klasifikasinya berdasarkan agama atau aliran kepercayaan individu sejak lahir, biasanya sudah berafiliasi ke salah satu agama.

Itulah penjelasan tentang pengertian identitas nasional mulai dari faktor, ciri-ciri dan contohnya lengkap, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua yang sedang membacanya.

Postingan terkait: