Pengertian Pantun, Jenis Pantun, Ciri-Ciri Pantun, Struktur dan Contoh Pantun

Pengertian Pantun, Jenis Pantun, Ciri-Ciri Pantun, Struktur dan Contoh Pantun - pantun merupakan puisi lama yang memiliki sajak a-b-a-b ataupun a-a-a-a dan mempunyai bait dan baris yang disusun oleh baris dan suku kata. berbicara mengenai pantun, pada pembahasan kali ini admin akan mengulasnya lengkap mulai dari jenis pantun, ciri-ciri hingga struktur pantun. mungkin sudah banyak yang paham dengan pantun, namun untuk yang belum begitu paham, bisa menyimaknya pada artikel dibawah ini sampai akhir.

Pengertian Pantun, Jenis Pantun, Ciri-Ciri Pantun, Struktur dan Contoh Pantun

Pengertian Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam berbagai bahasa nusantara. pantun sendiri berasal dari kata patuntun dalam bahasa minangkabau yang berarti "petuntun", dalam bahasa jawa dikenal sebagai parikan, dalam bahasa sunda dikenal sebagai paparikan dan dalam bahasa batak dikenal sebagai umpasa.

Baca Juga : Pengertian Gurindam, Jenis, Ciri-Ciri dan Contoh Gurindam

Jenis Pantun

Pantun sendiri memiliki banyak jenis atau macamnya, nah berikut ini adalah berbagai jenis pantun beserta contohnya.

1. Pantun Adat
Pantun adat adalah pantun yang lekat dengan budaya daerah di Indonesia, isinya bisa berupa nasehat, himbauan, cerita dan lain sebagainya.

Contoh pantun adat :
Menanam kelapa di pulau Bukum
Tinggi sedepa sudah berbuah
Adat bermula dengan hukum
Hukum bersandar di Kitabullah

2. Pantun Agama
Pantun agama adalah pantun yang isinya mengajak atau mengingatkan seseorang untuk menjalankan ibadah, jika dalam agama islam seperti mengajak sholat, puasa dan lain-lain.

Contoh pantun agama :
Banyak bulan perkara bulan
Tidak semulia bulan puasa
Banyak tuhan perkara tuhan
Tidak semulia Tuhan Yang Esa

3. Pantun Jenaka
Pantun jenaka adalah pantun yang dibuat atau dirangkai untuk menghibur orang yang mendengarnya. pantun jenaka biasanya dibuat secara spontan atau langsung untuk menyindir dalam suasana penuh keakraban. para pelawak yang biasanya menggunakan pantun jenaka untuk membuat penonton tertawa.

Contoh pantun jenaka :
Di mana kuang hendak bertelur
Di atas lata di rongga batu
Di mana tuan hendak tidur
Di atas dada di rongga susu

4. Pantun Kepahlawanan
Pantun kepahlawanan adalah pantun yang isinya tentang semangat para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan indonesia.

Contoh pantun kepahlawanan :
Adakah perisai bertali rambut
Rambut dipintal akan cemara
Adakah misai tahu takut
Kamipun muda lagi perkasa

5. Pantun Nasihat
Seperti namanya, pantun nasehat adalah pantun yang isinya mengingatkan seseorang akan hal baik demi ketentraman hidup.

Contoh pantun nasehat :
Kayu cendana di atas batu
Sudah diikat dibawa pulang
Adat dunia memang begitu
Benda yang buruk memang terbuang

6. Pantun Percintaan
Pantun cinta atau percintaan adalah pantun yang isinya tentang perasaan sayang, dan cinta seseorang yang diungkapkan kepada orang yang dikasihinya.

Contoh pantun percintaan :
Coba-coba menanam mumbang
Moga-moga tumbuh kelapa
Coba-coba bertanam sayang
Moga-moga menjadi cinta

Ciri-Ciri Pantun

Pantun dan puisi memang hampir sama, namun pantun berisikan kata-kata yang lebih pendek. untuk membedakanya agar lebih mudah, berikut ini adalah ciri-ciri pantun yang bisa disimak secara jelas.
- Mempunyai bait dan setiap bait disusun oleh baris-baris suku kata.

- Setiap satu bait pantun terdiri dari empat baris.
- Setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata.
- Setiap baris terdiri dari 4-6 kata.

Struktur pantun

Pantun memiliki dua struktur, yaitu sampiran dan isi. sampiran berada pada baris pertama dan kedua, sedangkan isi pantun ada pada baris ketiga dan keempat.

Pantun menurut para ahli, salah satunya menurut sutan takdir alisjabana, fungsi sampiran adalah menyiapkan rima dan irama untuk mempermudah para pendengar dan penikmatnya memahami isi pantun.

Jaman sekarang seiring berkembangnya jaman dan tekhnologi semakin canggih, pantun biasa dijadikan sebagai media untuk menghibur, dibuat dalam bentuk video dan dibupblikasikan pada akun sosial media, seperti facebook dan instagram untuk manggapai kepopuleran.

Nah, demikian adalah pembahan mengenai pengertian pantun, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman semua. pantun sendiri masuk kedalam ketagori pelajaran bahasa indonesia, jadi apa bila diantara kalian ada PR atau soal atau tugas yang berkaitan dengan pantun, langsung saja cari di sini.

Postingan terkait: