Pengertian Ekosistem, Macam-Macam Ekosistem dan Contohnya Lengkap

Pengertian Ekosistem, Macam-Macam Ekosistem dan Contohnya Lengkap - belajar pengertian kali ini akan memberikan penjelasan tentang apa yang di maksud dengan ekosistem secara singkat, padat dan akurat. ekosistem disini masuk kedalam pelajaran ipa, jadi bagi kalian yang mungkin mengamali kesulitan untuk menjawab soal atau pertanyaan mengenai ekosistem, bisa membaca informasi selengkapnya di bawah ini.

ekosistem beserta contohnya

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkunganya. ekosistem bisa diartikan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. dari semua ekosistem yang ada sangat terpengaruh dengan matahari yang merupakan sumber dari seluruh energi yang ada.

Baca juga : Pengertian Rotasi Bumi, Penyebab Dan Akibatnya

Macam-Macam Ekosistem

1. Ekosistem Darat
Ekosistem darat adalah sebuah ekosistem yang lingkunganya lebih didominasi oleh daratan. ekosistem ini sendiri berada didalam area yang sangat luas atau disebut dengan bioma. bioma sendiri sangat luas dipengaruhi oleh iklim, dan iklim sendiri dipengaruhi dari letak geografis didalam garis lintang dan juga dari ketinggian tempat suatu permukaan laut.

2. Ekosistem Perairan
Ekosistem perairan adalah ekosistem yang komponen abiotiknya sebagian besar terdiri atas air. semua yang berada didalam ruang lingkup perairan, mulai dari air laut maupaun air tawar disebut dengan ekosistem perairan.

3. Ekosistem Alami
Ekosistem alami adalah ekosistem yang terjadi karena alam itu sendiri, tanpa adanya campur tangan dari manusia. ekosistem alami bertugas menjaga keseimbangan ekosistem, sehingga jika ada salah satu ekosistem yang rusak, maka keseimbangan lingkungan akan terganggu.

4. Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibuat atau diciptakan oleh manusia, contohnya seperti pembuatan bendungan, taman, kebun binatang dan masih banyak lagi. ekosistem buatan dibuat oleh manusia tujuanya untuk memenuhi kebutuhan.

Beberapa Contoh Eksistem

1. Ekosistem Alami

- Hutan hujan tropis
Hutan hujan tropis adalah tipe hutan di kawasan tropis yang selalu diguyur hujan sepanjang tahun.

- Hutan gugur
Hutan gugur daun tropika, hutan musim tropika atau disebut juga dengan hutan monsun (monsoon forest) adalah suatu bioma berupa hutan di wilayah tropika dan subtropika yang memiliki iklim hangat sepanjang tahun, namun mengalami musim kering yang panjang selama beberapa bulan, sehingga menyebabkan daun-daun berguguran.

- Padang rumput
Padang rumput adalah dataran luas yang umumnya ditumbuhi rumput pendek. padang rumput merupakan tempat berkumpulnya hewan pemakan rumput seperti kerbau, bison, jerapah, gajah berkumpul untuk makan dan minum.

- Ekosistem air laut
Ekosistem laut atau disebut juga ekosistem bahari merupakan ekosistem yang terdapat di perairan laut, terdiri atas ekosistem perairan dalam dan ekosistem pantai pasir.

- Ekosistem padang pasir
Ekosistem padang pasir adalah ekosistem yang wilayahnya terbentang lautan pasir yang sangat luas, salah satu contohnya adalah gurun sahara. di ekosistem ini tidak semua hewan dan tumbuhan dapat hidup, karena suhu yang cukup ekstrim. hewan dan tumbuhan yang dapat bertahan hidup di padang pasir, diantaranya unta, kaktus, kurma, oasis, pasir ular gurun, serigala gurun, kadal gurun.

- dll.

2. Ekosistem buatan

- Kebun binatang
Kebun binatang (sering disingkat bonbin, dari kebon binatang) atau taman margasatwa adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik.

- Suaka marga satwa
suaka : perlindungan, marga : turunan, satwa : hewan adalah kawasan hutan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau memiliki keunikan jenis satwa yang membutuhkan perlindungan bagi kelangsungan hidupnya terhadap habitatnya.

- Taman hutan raya
Taman hutan raya adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau bukan alami, jenis asli dan atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan umum sebagai tujuan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan.

- Bendungan/Dam
Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi.
- dll.

Orang juga bertanya :

Apa yang dimaksud dengan ekosistem beserta contohnya?
Apa contoh dari ekosistem?
Apa fungsi dari ekosistem?
Apa itu ekosistem beserta contohnya?

Semua jawaban dari beberapa pertanyaan diatas bisa teman-teman temukan pada artikel dengan judul utama pengertian ekosistem dan contohnya yang sudah admin tuliskan dan jelaskan diatas. semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda semua.

Postingan terkait: