Pengertian Qurban Menurut Bahasa dan istilah, Hukum Qurban Beserta Dalilnya

Pengertian Qurban Menurut Bahasa dan istilah, Hukum Qurban Beserta Dalilnya - bagi umat islam, qurban atau penyembelihan binatang ternak merupakan salah satu ibadah sunnah yang bisa dilaksanakan bisa juga tidak. namun bila memang sudah mampu, berkurban wajib untuk dilakukan, tujuanya untuk menunjukan keiklasan dan ketaatan kepada allah swt. bagi yang belum jelas mengenai penjelasan qurban mulai dari dalil, hukum dan syarat ketentuanya, silahkan simak informasi di bawah ini sampai akhir.

pengertian qurban secara lengkap

Baca Juga : Pengertian Aqidah Menurut Bahasa, Istilah Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Qurban Menurut Bahasa

Qurban dalam bahasa arab memiliki arti mendekatkan diri kepada allah swt atau disebut juga dengan udhhiyah dan dhahiyiyah secara harfiah, yaitu penyembelihan hewan atau binatang ternak untuk menunjukan ketakwaan dan kepatuhan kepada allah swt. qurban sendiri merupakan salah satu ritual dalam agama islam yang di lakukan bulan dzulhijjah pada penanggalan islam, yaitu pada tanggal 10 hari nahar, 11, 12, dan 13 hari tasyrik bertepatan dengan hari raya idul adha.

Pengertian Qurban Menurut Istilah

Qurban menurut istilah adalah menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, unta untuk menunjukan keihklasan dan ketaqwaan diri kepada allah swt. menyembelih binatang disebut dengan tadhiyya, yaitu menyembelih hewan ternak pada waktu tertentu yang telah di tetapkan islam, dengan niat untuk beribadah kepada allah swt.

Hukum Qurban

Qurban memiliki dua hukum, yaitu :
1. Sunnah muakad, adalah sunnah yang dianjurkan, berkurban karena memang sudah mampu.
2. Wajib, yaitu harus di laksanakan karena memang telah bernadzar atau berjanji untuk berkurban, karena keinginan ataupun cita-cita sudah terlaksana.

Dalil Tentang Qurban

Surat Al Kautsar 1-2

artinya : sesungguhnya kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk tuhanmu dan sembelihlah qurban.

Surat Al Hajj 36-37

artinya : maka makanlah sebagiannya (daging kurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. daging-daging qurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.

Syarat dan Ketentuan Qurban

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan dalam berqurban, yaitu beragama islam, berakal sehat, sudah baligh, merdeka, dan bagi yang sudah benar-benar mampu.

Syarat dan Pembagian Daging Qurban

1. Hewan yang akan di sembelih harus halal tanpa berhutang.
2. Binatang yang akan di kurbankan harus bianatang ternah, seperti kambing, domba, unta, sapi dan biri-biri.
3. Binatang yang akan di sembelih harus sehat tanpa cacat apapun.
4. Hewan kurban harus sudah cukup umur.
5. Pembagian daging kurban dibagi 1/3 untuk orang yang berkurban, 1/3 untuk disedekahkan, dan 1/3 lagi untuk di hadiahkan kepada orang lain.

Demikian adalah pengertian qurban menurut bahasa dan istilah yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. temukan berbagai pengertian lainya hanya di belajarpengertian, selain informasinya terpercaya, admin akan rajin update artikel-artikel terbaru.

Postingan terkait: