Pengertian Cerpen, Asal-Usul Cerpen, Unsur Dan Contoh Cerpen

Pengertian Cerpen, Asal-Usul Cerpen, Unsur Dan Contoh Cerpen - membaca cerita pendek atau yang sering di sebut dengan cerpen memang sangat menyenangkan, karena memiliki banyak kisah yang merakyat serta jalan ceritanya yang tidak terlalu panjang, sehingga tidak membosankan saat di baca. berbicara mengenai cerpen, update kali ini admin akan membagikan tentang pengertian cerpen mulai dari asal-asul cerpen, unsur dan jenisnya lengkap.

Pengertian Cerpen

Baca Juga : Pengertian Sastra Menurut Para Ahli, Fungsi dan Ciri-Ciri Sastra

Pengertian Cerpen Secara Umum

Cerita pendek atau yang sering di singkat dengan cerpen merupakan suatu bentuk prosa atau karangan bebas naratif fiktif. cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuanya di bandingkan dengan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang seperti novella dan novel.

Karena memiliki kisah dan jalan cerita yang pendek, kesuksesan cerpen mengandalkan teknik sastra mulai dari tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas di bandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. karena jalan ceritanya yang bebas, maka cerpen lebih mudah di buat dengan berbagai jenis tema atau judul.

Cerpen sendiri berasal dari anekdot, yaitu sebuah situasi yang di gambarkan singkat dan tiba-tiba cepat sampai tujuan inti ceritanya.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

1. Sumardjo dan Saini
Cerpen merupakan cerita fikif yang tidak benar-benar terjadi, namun bisa saja terjadi di kehidupan nyata yang tidak di ketahui waktu dan tempatnya, serta jalan ceritanya relatif pendek dan singkat.

2. Nugroho Notosusanto dalam Tarigan
Cerpen atau cerita pendek merupakan sebuah cerita yang panjang ceritanya berkisar 5000 kata atau lebih, kalau di perkirakan sekitar 17 halaman jika di jadikan dalam bentuk buku cerita.

3. Hendy
Cerpen adalah suatu karangan yang berkisah pendek, di dalamnya mengandung kisahan tunggal.

4. J.S. Badudu
Cerpen merupakan cerita yang hanya menjurus serta terfokus pada suatu peristiwa saja.

Asal Usul Cerita Pendek (Cerpen)

Cerpen bermula pada tradisi penceritaan lisan yang menghasilkan kisah-kisah terkenal seperti iliad dan odyssey karya homer. berbagai kisah tersebut disampaikan dalam bentuk puisi yang berirama.

bagian singkat dari berbagai kisah tersebut di pusatkan naratif-naratif individu yang dapat di sampaikan pada suatu kesempatan pendek. maksud dan tujuan kisah tersebut akan terlihat dan dapat di mengerti setelah di keseluruhan bagian cerita tersebut telah di sampaikan.

Unsur dan Ciri Khas Cerpen

Cerpen cenderung kurang kompleks di bandingkan dengan novel. cerpen biasanya lebih memusatkan pehatian pada satu kejadian, mempunyai satu plot, setting yang tunggal, jumlah tokoh yang terbatas, dan mencangkup jangka waktu yang singkat. cerita pendek memiliki ciri khas yang berbeda-beda dari setiap pengarangnya, berkaitan dengan hal itu, cerpen memiliki dua unsur, yaitu :

Unsur Intrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya itu sendiri, unsur intrinsik cerit pendek mencangkup :

1. Tema
Tema adalah ide pokok sebuah cerita, yang diyakini dan dijadikan sumber pada cerita.

2. Latar (setting)
Latar adalah tempat, waktu , suasana yang terdapat dalam cerita.

3. Alur (plot)
Alur adalah susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.

Pada bagian alur atau plot dibagi menjadi 3, yaitu :
- Alur maju
Alut maju adalah sebuah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.
- Alur mundur
Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).
- Alur campuran
Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Alur dalam cerita pendek meliputi beberapa tahap, yaitu :
a. Pengantar : bagian cerita berupa lukisan , waktu, tempat atau kejadian yang merupakan awal cerita.
b. Penampilan masalah : bagian yang menceritakan masalah yang dihadapi pelaku cerita.
c. Puncak ketegangan atau klimaks : masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.
d. Ketegangan menurun atau antiklimaks : masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan kekhawatiran mulai hilang.
e. Penyelesaian atau resolusi : masalah telah dapat diatasi atau diselesaikan.
f. Perwatakan
g. Menggambarkan watak atau karakter seseorang tokoh

Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrintik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme suatu karya sastra. unsur ini sendiri meliputi :
- Nilai-nilai dalam cerita (agama, budaya, politik, ekonomi)
- Latar belakang kehidupan pengarang
- Situasi sosial ketika cerita itu diciptakan

Contoh Cerita Pendek / Cerpen

Ada banyak sekali cerpen atau cerita pendek asli indonesia yang mungkin belum kita ketahui, maka dari itu di bawah ini admin akan memberikan beberapa contoh cerpen dengan genre yang berbeda beserta pengarangnya.

1. Laki-Laki Sejati, karya putu wijaya
2. Bertepuk Sebelah Tangan, karya Nh. Dini
3. Ketika Mas Gagah Pergi, karya Helvi Tiana Rosa ( HTR )
4. dan masih banyak lagi.

Struktur Cerpen

1. Abstrak
Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari cerita pendek yang akan di kembangkan menjadi sebuah rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita.

2. Orientasi
Berhubungan dengan waktu, suasana, dan tempat yang berkaitan dengan jalan cerita dari cerpen tersebut.

3. Komplikasi
Komplikasi berisi urutan kejadian-kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat.

4.Evaluasi
Merupakan sturktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks serta sudah mulai mendapatkan penyelesaiannya dari konflik yang terjadi tersebut.

5. Resolusi
Bagian ini, pengarang mengungkapkan jalan keluar yang di alami oleh tokoh dalam cerita pendek atau cerpen.

6. Koda
Pada setiap cerpen memiliki pelajaran ataupun motifasi yang dapat di petik oleh pembacanya, dan biasanya bagian ini di sebut dengan koda.

Membaca cerita pendek memang sangat menyenangkan, karena tidak butuh waktu lama untuk mengetahui isi yang di ceritakan. setiap cerpen bisa di baca dan di selesaikan dengan sekali duduk, sehingga tidak membosankan. baiklah, sampai di sini dulu penjelasan mengenai pengertian cerpen yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Postingan terkait: