Perbedaan Kartilago dan Osteon Beserta Jenis dan Contohnya

Perbedaan Kartilago dan Osteon Beserta Jenis dan Contohnya - tubuh kita bisa berdiri tegak, kuat dan kokoh salah satunya karena adanya tulang. tulang sendiri memiliki fungsi yang sangat penting, sebagai media melekatnya otot dan sebagai pelindung organ-organ penting dalam tubuh. ada beberapa jenis tulang pada tubuh kita, ada tulang keras yang memang tahan akan benturan dan tulang rawan yang memang sangat sensitif. nah, pada pembahasan kali ini admin akan mengulas secara lengkap mengenai pengertian dari perbedaan tulang keras  dan tulang rawan.

Perbedaan Kartilago dan Osteon

Baca Juga : Pengertian Leukosit, Fungsi Dan Jenis Leukosit

Tulang Keras (osteon)
Osteon atau tulang keras terbentuk dari tulang rawan yang mengamali osifikasi atau penulangan. saat tulang rawan mulai terbentuk, rongga-rongga matriksnya terisi dengan sel osteoblas atau lapisan sel tulang muda. osteoblas tersebut akan menyekresikan zat interseluler seperti kolagen yang akan mengikat zat kapur.

Tulang Rawan (kartilago)
Kartigalo atau tulang rawan  terdiri dari sel-sel tulang rawan, serabut kolagen dan matriks. sel-sel tulang rawan tersebut dibentik oleh bakal sel tulang rawan yaitu kondroblas.
Berdasarkan susunan serabutnya, tulang rawan digolongkan menjadi 3, yaitu :

1. Tulang rawan fibrosa
Tulang rawan ini matriksnya tersusun kasar dan juga tidak beraturan. tulang rawan fibrosa tersebut terdapat pada cakram antar tulang belakang dan juga tulang simfisis pubis.

2. Tulang rawan hialin
Tulang rawan hialin memiliki serabut yang tersebar dalam anyaman yang halus dan juga rapat. tulang ini terdapat pada ujung-ujung tulang rusuk yang menempel kuat di tulang dada.

3. Tulang rawan elastis
Tulang rawan elastis merupakan susunan sel yang metriksnya mirip dengan tulang rawan hialin, namun tulang ini tidak sehalus dan tidak serapat tulang rawan hialin. tulang ini berada pada daun telingan, laring dan epigloti.

Fungsi Tulang Bagi Tubuh

- sebagai penunjang untuk penempelan otot dan jaringan lain.

- Sebagai perlindungan tulang-tulang yang sangat penting dan sensitif, seperti tulang tengkorak dan tulang sangkar yang melindungi organ pada sekitar dada dan ulu hati.

- Sebagai media gerak pada tubuh, seperti tuas dan titik penempelan otot.

- Sebagai tempat penyimpanan mineral atau bisa di sebut dengan gudang kalsium dan fosfor.

- Sebagai produksi sel darah yang terjadi pada sum-sum tulang yang berada didalam rongga tulang tertentu.

- Sebagai penyimpanan energi dalam bentuk lemak yang tersimpan pada sel-sel adiposa di sum-sum kuning sebagai gudang energi pada tubuh.

Jenis Tulang

Tulang pada tubuh manusia ataupun hewan memiliki beberapa bentuk sesui dengan kegunaan atau fungsinya. kalau dari segi bentuk, tulang dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Tulang pipa
Contohnya, tulang hasta dan tibia.

2. Tulang pipih
Contohnya, tulang rusuk dan tulang dada.

3. Tulang pendek
Contohnya, tulang di bagian telapak tangan dan pergelangan tangan.

4. Tulang tak beraturan
Contohnya, tulang rahang dan ruas tulang belakang.

Yaps, demikian adalah penjelasan perbedaan kartilago dan osteon yang dapat admin berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. baca berbagai pengertian lainya, hanya di belajarpengertian, yang akan selalu setia berbagi informasi seputar pendidikan segala materi.

Postingan terkait: