Pengertian Sastra Menurut Para Ahli, Fungsi dan Ciri-Ciri Sastra Lengkap

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli, Fungsi dan Ciri-Ciri Sastra Lengkap - pembahasan kali ini admin akan menjelaskan tentang pengerian sastra menurut para ahli, secara umum beserta fungsi dan contohnya secara singkat, padat dan jelas agar lebih mudah untuk di pahami. pengertian mengenai sastra sendiri merupakan materi pelajaran bahasa indonesia, yang banyak di pelajari, karena biasanya muncur dalam ulangan, tugas sekolah ataupun ujian nasional.

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli, Fungsi dan Ciri-Ciri Sastra

Yang termasuk dalam kategori Sastra adalah :
- Novel
- Cerita, cerpen (tertulis atau lisan)
- Syair
- Pantun
- Sandiwara atau drama
- Lukisan atau kaligrafi

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis, Ciri-ciri Dan Contohnya

Pengertian Sastra Secara Umum

Sastra merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa sansekerta "sastra" yang berarti teks yang mengandung intruksi, pedoman, tuntunan. kata dasar sastra adalah sas, yang memiliki arti intruksu atau ajaran.

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

Taum
Menurut beliau, sastra merupakan sebuah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif, penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain.

Semi
Menurut beliau, sastra adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

Panuti Sudjiman
Menurut panuti sudjiman, sastra merupakan karya tulisan yang mempunyai ciri keunggulan seperti keorisinilan, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapanya.

Mursal Esten
Menurut beliau, sastra atau kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia.

Eagleton
Menurut beliau, sastra adalah karya tulisan yang halus yang mencatatkan bentuk bahasa dan berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan dan dipanjang tipiskan ataupun di jadikan ganjil.

Ahmad Badrun
Menurut beliau, sastra adalah kegiatan yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alat dan bersifat imajinatif.

Aristoteles
Menurut beliau, sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.

Plato
Menurut beliau, sebuah sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan. sebuah karya sastra merupakan peneladanan dari alam semesta dan sekaligus model kenyataan.

Robert Scholes
Menurut beliau, pengertian sastra sangatlah singkat, yaitu sebuah kata, bukan merupakan benda.

Sapardi
Menurut beliau, sastra adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. sastra menampilkan gambaran kehidupan kenyataan sosial.

Ciri-Ciri Sastra

- Isinya itu menggambarkan manusia dengan berbagai persoalannya.

- Bahasanya yang indah atau juga tertata baik.

- Gaya penyajiannya yang menarik yang berkesan dihati pembacanya maupu pendengarnya.

Fungsi Sastra

a. Fungsi rekreatif, yaitu memberikan hiburan bagi para pembaca dan pendengarnya (penikmat).

b. Fungsi estetis, sebuah karya yang mempu memberikan keindahan bagi penikmatnya.

c. Fungsi didaktfi, yaitu memberikan suatu wawasan pengetahuan tentang seluk beluk kehidupan manusia.

d. Fungsi religius, yaitu sastra yang menciptakan karya yang didalamnya mengandung ajaran agama.

e. Fungsi moralitas, yaitu sastra yang memberikan pengetahuan dan pembelajaran untuk pembaca dan pendengarnya tentang moral.

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian sastra menurut para ahli, fungsi sastra, ciri-ciri sastra yang dapat admin sajikan, semoga bisa bermanfaat. berbagai pengertian yang admin bagikan di dalam blog ini hanya berbentuk tulisan, admin tidak menyediakan versi pdf yang bisa di download, jadi jika anda ingin membaca berbagai artikel didalamnya, silahkan langsung kunjungi belajarpengertian.

Postingan terkait: