Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Sebuah Karya Sastra

Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Sebuah Karya Sastra - kesempatan ini admin akan membagikan penjelasan tentang apa sih arti dari unsur instrinsik dan ekstrinsik secara lengkap. jadi pembahasan yang akan kita ulas kali ini masuk kedalam kategori pelajaran bahasa indonesia. bagi kalian yang mungkin sedang bingun mencari penjelasan dari dua unsur tersebut, bisa langsung baca artikel di bawah ini sampai akhir.

Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Sebuah Karya Sastra

Berbicara mengenai unsur instrinsik dan ekstrinsik, tentu saja berkaitan dengan sebuah karya sastra. dalam membuat suatu karya sastra ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya yang terpenting adalah unsur-unsur yang terkandung didalamnya. karya sastra sendiri memiliki dua unsur yaitu unsur instrinsik dan ekstrinsik.

Baca Juga : Pengertian Pantun, Jenis, Ciri-Ciri Pantun, Struktur Pantun

Pengertian Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah unsur yang terkandung didalam suatu karya sastra, terdiri dari, tema amanat karya sastra, tokoh serta penokohan karya sastra, alur dan pengaluran karya sastra dll. berikut adalah penjelasan selengkapnya.

A. Tema serta amanat karya sastra
Dalam membuat sebuah karya sastra tentu saja hal yang harus terlebih dulu ditentukan atau dilakukan adalah menentukan judul atau tema dari karya sastra tersebut, agar sang penulis tidak melebar jauh dari pembahasan.

Sedangkan amanat karya sastra adalah pesan positif atau makna yang terkandung dalam sebuah karya sastra. pesan positif yang dimasukan disetiap karya sastra bertujuan untuk memberikan semangat ataupun inspirasi kepada pembaca atau penikmatnya.

B. Tokoh serta penokohan karya sastra
Sama halnya seperti film-film yang biasa kita lihat ditelevisi, dimana setiap pemeran atau tokoh yang bergaya didepan kamera memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. sama halnya seperti sebuah karya sastra, dimana pengarang atau penulis akan membuat beberapa tokoh, yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu untuk membuat karya menjadi lebih menarik.

C. Alur dan Pengaluran karya sastra
Alur dalam sebuah karya sastra bisa juga disebut dengan plot atau alur cerita, dimana dalam sebuah karya sastra pasti memiliki berbagai hubungan, sebab dan akibat sehingga menjadi suatu peristiwa utuh.

Pengaluran karya sastra sendiri adalah tekhnik yang dipakai penulis untuk menampilkan alur, sehingga karyas sastra yang dibuat akan menjadi lebih menarik dan penuh dengan rasa penasaran.

D. Latar serta pelataran karya sastra
Latar dalam sebuah karya sastra sering disebut juga dengan setting cerita, maksudnya adalah setting tempat dan waktu yang akan mempercantik atau memperhalus jalanya cerita yang ditampilkan. untuk menampilkan latar, tentu saja membutuhkan berbagai peralatan yang pas atau cocok, sehingga karya sastra akan menjadi lebih sempurna.

Pengertian Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada diluar karya sastra namun dapat membentuk sebuah karya sastra menjadi lebih bagus. maksudnya penulis bisa membuat tinjauan sebelum terciptanya sebuah karya sastra, misalnya

Pengertian unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada diluar karya sastra yang dapat dijadikan pembentuk sebuah karya sastra. Jadi penulis membuat tinjauan lain yang dapat mendung terbuatnya suatu karya sastra, misalnya seperti memasukan isi mengenai psikologi, sosiologi, filsafat dan lain sebagainya, guna mendukung sebuah karya sastra.

Contoh unsur Ekstrinsik

A. Latar Belakang dari Pembuatan Karya Sastra
Artinya adalah alasan penulis mengapa ingin membuat karya sastra tersebut. hal ini pasti selalu ada pada setiap karya sastra seperti novel atau cerpen. hal inilah yang membuat penulis ingin menulis dan menyelesaikan suatu karyas sastra. biasanya sebuah karya sastra memiliki latar belakang atau cerita dari kejadian atau pengalaman masa lalu dari sang penulis atau orang disekitarnya.

B. Kondisi Sosial Budaya
kondisi sosial budaya juga dapat mempengaruhi suatu karya sastra yang dibuat. biasanya faktor ini datang dari lingkungan sekitar, mulai dari masyarakatnya, tempat tinggal, kondisi ekonomi dan lain sebagainya.

Orang juga bertanya :

Apa saja unsur intrinsik dan ekstrinsik?
Unsur ekstrinsik apa saja?
Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik?
Apa perbedaan antara unsur intrinsik dan ekstrinsik?

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian unsur instrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah karya sastra yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. apa bila artikel ini membantu, silahkan share kepada orang sekitar anda, siapa tau mereka juga membutuhkanya, terimakasih.

Postingan terkait: