Pengertian Rotasi Bumi, Penyebab Dan Akibatnya

Pengertian Rotasi Bumi, Penyebab Dan Akibatnya - halo teman-teman, pada kesempatan ini mari kita cari tahu dan belajar bersama mengenai pengertian rotasi bumi, akibatnya dan kenapa sih tersebut bisa terjadi ?, nah untuk menjawab beberapa pertanyaan itu, kalian bisa membaca pada rangkuman yang telah admin sediakan berikut ini.

Pengertian Rotasi Bumi, Penyebab Dan Akibatnya


Pengertian Rotasi Bumi

Bumi adalah planet yang paling sempurna di bandingkan planet lainya, karena di dalamnya terdapat berbagai sumber daya yang sangat lengkap. banyak yang mengira bahwa bumi yang kita pijak ini diam, padahal sebenarnya tidak, bumi bergerak atau berputar pada porosnya ke arah timur, apa bila di lihat dari sebelah utara maka berlawanan arah dengan jarum jam. Satu kali rotasi bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit, hal ini di sebut kala rotasi.

Penyebab Terjadinya Rotasi Bumi

Rotasi bumi terjadi karena adanya sisa momentum gerakan yang di hasilkan oleh solar nebula atau sebuah tempat yang di mana semua planet dan matahari terbentuk. banyak teori yang mengatakan bahwa terjadinya rotasi bumi tidak lepas dari terbentuknya benda-benda langit, seperti bintang, matahari dan berbagai planet lainya. sebagian besar banyak yang meyakini bahwa terbentuknya berbagai benda langit terjadi karena pergesekan dan perputaran. putaran-putaran itulah yang pada akhirnya di sebut sebagai rotasi hingga sekarang.

Akibat Rotasi Bumi

1. Pergantian siang dan malam

Bentuk bumi bulat seperti bola dan berputar pada porosnya mengelilingin matahari, permukaan bumi akan bergantian menghadap matahari, dan bagian yang menghadap matahari biasa di sebut dengan siang, berlangsung selama 12 jam, dan bagian yang tidak terkena sinar biasa di sebut dengan malam hari. sama halnya dengan siang hari, malam hari akan berlangsung selama 12 jam.

2. Perubahan arah angin

Selanjutnya rotasi bumi mengakibatkan perubahan arah angin, angin pasat dari utara (300 Lintang Utara) akan secara otomatis berbelok ke arah kanan, sebaliknya yang semula dari selatan (300 Lintang Selatan) akan berbelok ke kiri. Perubahan arah angin yang terjadi karena rotasi bumi dapat membahayakan bagi manusia, salah satunya adalah mengganggu aktifitas penerbangan.

3. Terjadinya gerak semu harian matahari

Gerak semu harian matahari adalah di mana seakan-akan metahari terlihat bergerak mengelilingi bumi. padahal sebenarnya bumi yang bergerak mengelilingi matahari pada porosnya. hal ini menyebabkan pada pagi hari matahari tampak terbit dari timur, dan pada siang hari berada di atas kepala kita, lalu pada sore hari terbenam di sebelah barat.

4. Terjadinya perbedaan waktu

Selain mengakibatkan terjadinya perubahan dari siang ke malam hari, rotasi bumi juga menjadikan tarjadinya perbedaan waktu. terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu sendiri berada di kota greenwich yang terletak pada bujur 0⁰. setiap selisih bujur 15⁰, perbedaan waktu mengalami selisih satu jam. bagian bumi di sebelah timur greenwich mengalami pergantian waktu yang lebih cepat dari greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat greenwich mengalami pergantian waktu yang lebih lambat.

5. Terjadinya pembelokan arus laut

Pada belahan bumi selatan arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah perputaran jarum jam, sedangkan pada belahan bumi bagian utara arah angin dan arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam. hal ini terjadi karena akibat rotasi bumi, dan biasa di sebut efek coriolis.

6. Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
7. Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi
8. Bentuk bumi menjadi bulat spheroid
9. Dapat berfungsinya satelit
10. Terjadi perubahan arah bandul ( efek faucault )
11. Adanya Jetlag Bila kita naik pesawat

Demikian adalah update perdana dalam kategori mata pelajaran ipa kali ini dengan judul utama tentang pengertian rotasi bumi, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. jangan lupa nantikan pembahasan mengenai pengertian lainya, pada update selanjutnya, terimakasih.

Postingan terkait: