Pengertian Memo, Tujuan, Fungsi, Struktur, Jenis dan Contoh Memo

Pengertian Memo, Tujuan, Fungsi, Struktur, Jenis dan Contoh Memo - pernahkah kalian menulis ataupun menerima sebuah surat? kalau pernah, bagaimana isinya, panjang atau pendek, kalau pendek mungkin saja itu adalah memo yang mana akan kita bahas lengkap dan tuntas pada artikel ini.

Pengertian Memo, Tujuan, Fungsi, Struktur, Jenis dan Contoh Memo

Pengertian Memo

Memo merupakan pesan ringkas atau singkat yang padat, jelas dan mudah untuk di mengerti. menurut kegunaanya, memo di bagi menjadi dua yaitu bersifat resmi dan bersifat tidak resmi atau bersifat pribadi.

1. Memo bersifat resmi adalah suatu surat pernyataan hubungan resmi dari pemimpin kepada bawahanya yang di keluarkan oleh sebuah lembaga atau instansi.

2. Memo tidak resmi adalah sebuah nota atau surat pernyataan tidak resmi yang di tujukan pada teman, saudara atau orang yang mempunyai hubungan sangat dekat.

Tujuan Dan Fungsi Memo

1. Tujuan di buatnya memo yaitu untuk meminta ataupun memberikan informasi dan petunjuk pada seseorang yang berkompeten.

2. Fungsi di buatnya sebuah memo adalah sebagai bentuk komunikasi yang berisikan sebuah arahan, permintaan dan keterangan tentang sesuatu yang harus di selesaikan dengan segera mungkin.

Struktur Memo

Struktur memo terdiri dari :

- Kepala Memo
- Kepala memo
- Badan Memo
- Isi Memo
- Kaki Memo
- Kaki Memo

Ciri-Ciri Bentuk Memo

Bentuk memo terdiri atas dua bagian yaitu :
- Kepala Memo
- Penerima
- Pengirim
- Perihal dan tanggal pengimin
- Paraf dan nama terang pengirim
- Isi, penulis langsung menyampikan pesan atau perintah dalam kalimat pendek dan lugas.

Contoh Memo

1. Contoh Memo Resmi

Dinas Pendidikan Lampung Timur
Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 2 Tulungagung
MEMO
16 Februari 2018
Dari : Kepala Sekolah
Kepada : Seluruh Dewan Guru Dan Staff Sekolah
Dimohon untuk seluruh dewan guru dan para staf untuk ikut serta mengingatkan para siswa smk muhammadiyah 2 tulungagung dalam gerakan kerapian, seperti memasukan baju, memakai sepatu hitam seragam, dan kerapian rambut, hal ini di lakukan agar para siswa menjadi terlatih  dan terbiasa untuk selalu tampil rapi pada saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. terimakasih.
Kepala Sekolah
Indra Bahtiar

2. Contoh Memo Tidak Resmi (pribadi)

Dari : Dita
Untuk : Dina
Dita, baju yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. ada beberapa bagian baju yang tidak rapi dan mohon di perbaiki. bagian yang tidak rapi sudah aku tandai. aku sangat buru-buru jadi tidak bisa menemuimu secara langsung. aku menitipkan ini pada ibumu. tolong baju tersebut segera untuk di perbaiki, karena besok lusa baju itu akan aku pakai untuk melamar pekerjaan.
Mohon maaf sebelumnya din, sudah merepotkanmu :) terimakasih.
Tertanda,
Dita

Demikian adalah pengertian memo, jenis, fungsi, tujuan beserta contohnya, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. jika ingin pintar? ingin berpengalaman? baca terus artikel-artikel yang ada di belejarpengertian.

Pengertian Lainya : Pengertian Bahasa Indonesia Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Memo, Tujuan, Fungsi, Struktur, Jenis dan Contoh Memo
Penelusuran yang terkait dengan pengertian memo:
pengertian memo bahasa inggris, pengertian memo internal, tujuan memo, struktur memo, isi memo, fungsi memo, bagian bagian memo, ciri ciri memo.

Postingan terkait: