Pengertian MOS atau MOPD, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian MOS atau MOPD, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap - halo teman-teman, bagi kalian yang baru lulus sekolah dasar (SD) atau baru lulus SMP dan mau meneruskan ke tingkat SMA ataupun SMK pasti sebelum diterima menjadi siswa baru akan melewati masa orientasi siswa atau sering di singkat MOS. nah, sebelum kalian mengikuti kegiatan MOS, alangkah baiknya jika memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan MOS, tujuan utama diadakan mos atau mopd dan manfaatnya. penjelasan selengkapnya bisa disimak pada artikel di bawah ini.

Pengertian Masa Orientasi Siswa (MOS)

Pengertian MOS atau MOPD

MOS dan MOPD pada dasarnya memiliki arti yang sama, MOS (masa orientasi siswa), MOPD (masa orientasi peserta didik). pengertian dari mos atau mopd sendiri adalah masa pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik atau siswa tahun ajaran baru. mos dan mopd merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan setiap sekolah pada awal tahun ajaran baru untuk menyambut kedatangan peserta didik baru. mos dan mopd biasanya dijumpai di tingkat SMP,SMK dan SMA.

Baca Juga : Pengertian Pantun, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Pantun

Tujuan Diadakannya MOS atau MOPD

Tujuan diadakannya MOS atau MOPD adalah untuk mengenalkan siswa baru atau peserta didik dengan lingkungan belajar sekolah, dan supaya peserta didik baru tidak kaget dengan berbagai kegiatan, semua fasilitas, kurikulum, lebih akrab dengan kakak kelas dan teman-teman yang ada di dalam sekolah tersebut.

Manfaat dari Kegiatan MOS atau MOPD

Manfaat dari dilakukanya  atau MOPD bagi peserta didik baru adalah untuk mengingatkan kepada siswa akan sesuatu yang baru, hal-hal baru mulai dari cara belajar, seragam sekolah, lingkungan sekolah, tata tertib serta tingkah laku dan sikap sopan santun.

Masa orientasi siswa sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan belanda, tepatnya di stovia pada periode 1898-1927 siswa baru menjadi anak buah para seniornya, dimana para peserta didik baru harus mematuhi semua perintah yang dikatakan kakak kelas atau seniornya.

Pada waktu itu mos atau mopd tidak seaneh-aneh jaman sekarang, dimana masa orientasi siswa era sekarang diselingi dengan berbagai kegiatan yang cukup aneh-aneh dan nyleneh, contohnya peserta didik baru harus memakai seragam yang unik dan lucu, seperti memakai kalung dari terong, memakai topi dari daun atau kertas, mencoret-coret muka dan lain sebagainya.

Belum lama diramaikan dengan adanya berita masa orientasi siswa menjadi ajang perpeloncoan, sehingga membuat para peserta didik baru bukanya menjadi senang nyaman dengan sekolah baru malah seakan-akan menjadi sebuah momok menakutkan. maka dari itu untuk menghindari hal-hal seperti itu, semua jadwal dan berbagai kegiatan mos yang akan dilakukan harus di tulis oleh para guru, bukan oleh siswa. sehingga tidak ada kegiatan yang aneh-aneh seperti yang sudah-sudah.

Orang juga bertanya :

Apa arti dari MOS?
Apa yang dimaksud dengan MOS?
Apa arti dari MOPD?
MOS SMP itu apa?
MOS SMK/SMA itu apa?

Jika masih ada yang belum paham mengenai pengertian masa orientasi siswa (MOS), dan bertanya seperti beberapa pertanyaan diatas, silahkan baca dengan cermat penjelasan tentang MOS dalam artikel yang sudah admin paparkan tersebut.

Postingan terkait: