Pengertian Integrasi Nasional Beserta Jenis, Contoh dan Faktonya

Pengertian Integrasi Nasional Beserta Jenis, Contoh dan Faktonya - intergrasi nasional memang wajib hukumnya untuk diterapkan di negara sebesar indonesia, untuk mempererat rasa persatuan bangsa. mungkin banyak diantara anda semua yang bertanya-tanya mengenai apa sih yang di maksud dengan intergrasi nasional bangsa indonesia?, nah, di sini admin akan menjelaskan secara lengkap mulai dari pengertian intergrasi nasional, jenis dan contohnya, jadi simak pembahasanya sampai akhir.

Pengertian Integrasi Nasional

Manfaat atau dampak positif dengan diterapkanya intergrasi nasional di negara indonesia adalah berbagai kekayaan alam yang memang sangat melimpah dapat di olah atau di kelola oleh masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri dan negara. selain itu, berbagai ragam budaya yang ada di indonesia, dapat menciptakan karakter-karakter manusia yang berbeda, guna membentuk dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga : Pengertian Demokrasi Dan Bentuk Demokrasi

Pengertian Integrasi Nasional Secara Umum

Intergrasi nasional merupaakan usaha dan proses mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada pada suatu negara, mulai dari agama, ras, budaya, suku dan lain sebagainya, untuk menciptakan sebuah keserasian yang seirama secara nasional.

Pengertian Intergrasi Nasional Menurut Para Ahli

Karena memiliki arti yang luas, para ahli mendefinisikan intergrasi nasional dengan penjelasan yang berbeda-beda, dan berikut adalah penjelasanya.

Safroedin Bahar
Menurut beliau, intergrasi nasional adalah mengintergrasikan yang berarti membuat untuk menyempurnakan bangsa yang awalnya terpisah-pisah.

Myron Weiner
Menurutnya, intergrasi nasional adalah proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional.

Howard Wriggins
Menurutnya, nasional adalah penyatuan bagian dalam suatu negara, mulai dari keseluruhan masyarakat yang berbeda-beda menjadi sebuah kesatuan tanpa memandang dari segi apapun.

J. Soedjati Djiwandono
Beliau mendefinisikan, intergrasi nasional sebagai cara dan bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentuan nasib sendiri.

Dr. Nazaruddin Sjamsuddin
Intergrasi nasional menurutnya, merupakan proses penyatuan suatu bangsa yang mencangkup semua aspek kehidupan, mulai dari aspek sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Jenis Intergrasi Nasional

Intergrasi nasional menurut bahasa berasal dari kata intergrate yang artinya menyatukan, menggabungkan. nah, adapun jenis-jenis intergrasi nasional sebagai berikut.

Integrasi Sosial
Sebuah intergrasi yang bertujuan untuk menyesuaikan atau menyeleraskan berbagai kelompok untuk menghasilkan kehidupan yang tentram dan serasi.

Integrasi Nasional
Merupakan proses penyesuaian dari beberapa unsur yang berbeda di dalam masyarakat, guna menghasilkan kehidupan yang serasi, sehingga dapat memberikan fungsi tersendiri bagi masyarakat.

Integrasi Kebudayaan
Yaitu, penyesuaian antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda, untuk mencapai suatu keselarasan dan keserasian dalam kehidupan bermasyarakat.

Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi

Intergrasi dapat terbentuk dalam suatu negara atau masyarakat karena adanya beberapa faktor, berikut adalah faktor-faktornya.

- Berkat adanya rasa toleransi, tenggang rasa, dan saling menghormati antar masyarakat.
Terjadinya penikahan campuran suku.

- Meninngkatkanya rasa solidaritas sosial yang dipengaruhi intensif kerja sama kelompok dalam masyarakat untuk menghadapi sebuah kejadian secara bersama-sama atau gotong royong.

- Kinerja petinggi pemerintahan menjadi semakin baik, terutama yang dapat menyentuk masyarakat kecil atau bawah.

Contoh Integrasi Nasional

- Intergrasi nasional dalam sekolah
Baju yang seragam, adanya jadwal piket, menaati semua peraturan yang di berikan sekolah, mengikuti upacara bendera dan masih banyak lagi.

- Contoh Integrasi Nasional di Masyarakat
Pelaksanaan gotong royong, saling mengargai, adanya sikap saling berbagi, ramah tamah dan tidak sombong, dan lain sebagainya.

Penjelasan mengenai pengertian intergrasi nasional bisa masuk kedalam kategori mata pelajaran ppkn, bisa juga kewarganegaraan, jadi apa bila teman-teman sedang kesulitan dalam mengerjakan sebuah soal dua pelajaran yang berkaitan dengan intergrasi, bisa langsung kunjungi atau buka artikel ini.

Postingan terkait: