Pengertian Tentang Mitokondria, Fungsi, Letak, Struktur Dan Cirinya

Pengertian Tentang Mitokondria, Fungsi, Letak, Struktur Dan Cirinya - pada kesempatan ini kita akan belajar mata pelajaran ipa membahas tentang pengertian dan penjelasan mengenai mitokondria secara lengkap. nah, bagi teman-teman yang mungkin sedang mengerjakan pr atau tugas dari guru berkaitan dengan mitokondria, bisa simak ulasan berikut.

Pengertian Tentang Mitokondria, Fungsi, Letak, Struktur Dan Cirinya

Pengertian Tentang Mitokondria

Mitokondria atau kondriosom dalam bahasa inggris chondriosome merupakan sebuah organel tempat berlangsungnya fungsi resparasi sel mahluk hidup, selain itu berfungsi juga untuk seluler lain, seperti metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sintal selular dan penghasil energi berupa adenosina trifosfar pada lintasan katabolisme.

Lapisan Metokondria
Perlu di ketahui bahwa metokondria memiliki dua lapisan membran, yaitu lapisan membran luar dan lapisan membran dalam. lapisan dalam metokondria berbentuk sebuah lipatan-lipatan bernama cristae. bagian tubuh yang memiliki banyak metokondria adalah hati, otot dan jantung.

Lapisan Metokondria


Fungsi Mitokondria
Fungsi metokondria bagi tubuh adalah sebagai sumber atau pabrik energi sel yang mempu menghasilkan energi dalam bentuk atp. metabolisme karbohidrat dapat berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor serta dioksidasi oleh O2 dan menjadi CO2 serta air. energi yang dihasilkan sangatlah efisien yaitu sekitar 30 molekul atp yang diproduksi untuk setiap molekul-molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam glikolisis hanya mampu untuk dihasilkan 2 molekul atp. fungsi mitokondria dapat mengatur dalam aktivitas metabolisme sel.

Fungsi Mitokondria


Struktur Mitokondria
Mitokondria sendiri memiliki beberapa struktur, yaitu membran luar, membran dalam, ruang membran dan matriks yang terletak pada bagian dalam membran.

Struktur Mitokondria

Ciri-Ciri Mitokondria

  • Berada di dalam sel eukariotik.
  • Umumnya memiliki bentuk lonjong atau memanjang.
  • Memiliki dameter sekitar 0,5 µm dengan panjang antara 0,5 sampai 1 µm.
  • Satu-satunya organel yang memiliki dua lapis membran yaitu membran dalam dan membran luar.
  • Mempunyai ruangan yang disebut matriks.
  • Memiliki lipatan-lipatan yang disebut cristae (krista).
  • Kebanyakan sel hanya memiliki satu sel.
  • Pada bagian luar terdapat pori-pori yang bersifat permeabel.
  • Memiliki sistem genetika sendiri berupa ribosom, mtDNA, dan rRNA.
Bana Juga : Pengertian Rotasi Bumi, Penyebab Dan Akibatnya
Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian mitokondria beserta fungsi dan struktur yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. carilah jawaban mengenai pengertian lainya, dengan cara kunjungi terus belajar pengertian yang akan rajin dan sering update pembahasan baru.

Postingan terkait: