Pengertian Diskusi, Jenis, Fungsi, Manfaat Dan Tujuan Diskusi

Pengertian Diskusi, Jenis, Fungsi, Manfaat Dan Tujuan Diskusi - dalam menentukan suatu keputusan dan tujuan agar mendapatkan hasil yang memuaskan tentu diperlukan diskusi terlebih dahulu. bagi teman-teman yang masih sekolah tentu pernah melakukan diskusi untuk mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru, supaya tugas tersebut dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat. untuk teman-teman yang sudah bekerja dalam suatu perusahan atau perkantoran, kata diskusi biasanya disebut dengan kata yang lebih keren yaitu rapat. nah, berkaitan dengan diskusi, dibawah ini admin akan membahasnya secara lengkap, jadi simak sampai akhir.

Pengertian Diskusi, Jenis, Fungsi, Manfaat Dan Tujuan Diskusi

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah sebuah interaksi kemunikasi antara dua orang atau kelompok untuk saling bertukar pikiran, pendapat dengan mengajukan ide-ide brilian guna memajukan perusahaan atau menyelesaikan suatu masalah. dengan melakukan diskusi maka semua permasalan atau problem yang dihadapi akan menjadi lebih mudah. diskusi bisa berupa apa saja, awalnya atau judulnya disebut dengan topik. diskusi berasal dari kata latin yakni "discussus", yang maknanya adalah bertukar pendapat.

Baca juga : Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur, Struktur dan Contoh Puisi

Jenis-Jenis Diskusi

Diskusi sendiri bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan, karena sifatnya yang penuh dengan gagasan menarik. maka dari itu diskusi sering dilakukan sebelum tiba hari eksekusi. diskusi sendiri mencangkup makna yang cukup luas, dan berikut ini ada macam-maca diskusi yang wajib teman-teman ketahui.

1. Seminar
Seminar adalah sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik tertentu yang dibawakan oleh seorang pakar atau ahli dalam bidang tertentu.

2. Simposium
Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan peserta (simposium) dengan seorang pemimpin.

3. Konferensi
Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

4. Brainstorming
Brainstorming adalah teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.

Unsur-Unsur Diskusi

Setiap diskusi yang berjalan dengan lancar dan sukses hingga menghasilkan sebuah ide-ide brilian tentu dipengaruhi oleh beberapa unsur, yaitu :

1. Moderator
Moderator adalah seorang yang bertugas untuk mengawasi mengatur dan mengawasi jalanya diskusi agar pembahasan dapat berjalan dengan kondusif dan tidak melenceng jauh dari topik yang dibahas.

2. Panelis
Panelis adalah penyaji makalah di suatu acara seminar, biasanya panelisnya lebih dari satu yang cara penyajiannya dilakukan secara bergantian.

3. Notulis
Notulis adalah seseorang yang mencatat hasil dari jalannya diskusi dari mulai awal hingga selesai.

4. Peserta atau Audiens
Peserta, partisipan atau audien adalah sorang yang ikut berperan serta dalam suatu kegiatan pertemuan, konferensi, seminar, diskusi dsb.

Fungsi Diskusi

Diskusi sendiri memiliki fungsi yang penting untuk melatih kita hidup bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai masalah dan mencari solusinya. selain itu dapat menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat, serta dapat mengerjakan sesuatu dengan cepat dan mempu menumbuhkan kerja sama yang baik.

Manfaat Diskusi

Kenapa terkadang diskusi harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, karena dengan melakukan diskusi, jalan keluar atau solusi dari permasalahan tersebut cepat ditemukan atau diketahui. selain itu, masih banyak manfaat dari kegiatan diskusi, diantaranya adalah:

A. Saling menghargai pendapat orang lain
B. Dapat menahan rasa ego yang ada dalam diri
C. Dapat menyelesaikan masalah yang sedang didiskusikan
D. dapat mempererat hubungan antara yang satu dengan yang lain, mengapa dmikian? dengan berdiskusi, mengahargai pendapat orang, menyelesaikan masalah bersama-sama, mendengarkan lawan berbicara, dapat mempererat hubungan atau membuat lebih akrab.
E. belajar untuk memahami karakter
F. menambah wawasan
G. Bertukar ilmu
H. Dapat berbicara didepan orang lain dengan baik, mulai dari sopan santun, etika, sampai penyusunan kalimat atau dalam merangkai kata-kata.

Tujuan Diskusi

Kenapa diskusi harus dilakukan? karena untuk mendapatkan hasil atau tujuan yang sebaik-baiknya untuk kemajuan bersama. namun selain itu, masih banyak sekali tujuan dilakukanya sebuah diskusi antara lain:

- Mendapatkan kesesuaian atau kesepahaman pengertian mengenai pendapat dan lain sebagainya
- Bertujuan untuk mengadakan suatu kesepakatan.
- Bertujuan untuk mendapatkan keputusan bersama terkait suatu permasalahan.
- Diskusi juga bertujuan sebagai sarana belajar dan memperoleh informasi dari sudut pandang berbeda.
- Diskusi bertujuan untuk membangun kepercayaan diri dalam mengemukakan ide sendiri yang kemudian diuji kebenarannya oleh pelaku diskusi lainnya yang terlibat.

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian diskusi, manfaat dan tujuanya yang dapat admin sajikan, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. semoga setelah membaca artikle tentang diskusi diatas, teman-teman semua dapat melakukan kegiatan diskusi dengan lebih tertib, lebih efektif dan berjalan lancar.

Postingan terkait: