Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Fungsi Norma dalam Masyarakat

Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Fungsi Norma dalam Masyarakat - apa sih pengertian norma? kalau teman-teman memiliki pertanyaan seperti itu, di sini admin akan menjawabnya secara jelas dan lengkap, maka dari itu silahkan simak artikel ini sampai akhir ya. norma sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat, karena tanpa adanya norma, hubungan bermasyarakat tidak akan harmonis dan terkendali. berikut ini adalah beberapa pengertian norma secara umum ataupun menurut para ahli.

Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Fungsi Norma

Pengertian Norma Secara Umum

Secara umum norma adalah kaidah dan peraturan yang di terapkan melalui lingkungan dan sosialnya. adanya norma memberikan batasan-batasan terhadap perilaku manusia agar tidak menyimpang hingga merugikan ataupun mengganggu lingkungan sosialnya.

Intinya dengan adanya norma-norma dalam sebuah lingkungan sosial akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi lingkungan, karena setiap orang yang ada dalam lingkungan tersebut tidak bisa berbuat sesuatu secara bebas dengan peraturanya sendiri.

Baca juga : Pengertian Ideologi, Jenis-Jenis, Tujuan, Fungsi dan Contoh Ideologi

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

- Broom dan Selznic
Menurutnya, norma adalah rancangan yang pas mengenai perilaku manusia yang mana dapat memberikan batasan untuk anggota-anggota masyarakat guna mendapatkan tujuan hidupnya.

- John J. Macionis
Menurutnya, norma adalah peraturan dan harapan masyarakat yang memberikan pedoman terhadap perilaku kelompok-kelompoknya.

- Antony Giddens
Menurutnya, norma adalah suatu prinsip atau aturan yang konkret, dan wajib di perhatikan oleh masyarakat.

- Craig Calhoun
Menurutnya, norma adalah petunjuk atau pedoman yang menyatakan mengenai bagaimana seseorang supaya bertindak dalam situasi tertentu.

- Isworo Hadi Wiyono
Menurutnya, norma adalah peraturan atau pedoman hidup yang memberi ancar-ancar perbuatan mana yang boleh di jalankan dan perbuatan mana yang harus di hindari.

Macam macam Norma

- Norma Kesopanan
Norma kesopanan atau tata krama adalah sifat atau perilaku baik dalam hidup bermasyarakat. Bertujuan untuk menjaga dan membangun sikap harmonis antar masyarakat saat berkomunikasi atau bergaul.

- Norma Agama
Norma agama adalah peraturan hidup yang bersumber dari tuhan yang maha esa. norma agama berisikan peraturan berupa perinta-perintah atau ajaran dan larangan yang harus di patuhi oleh manusia.

- Norma Hukum
Norma hukum adalah peraturan atau ketentuan yang di buat oleh pejabat yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia.

Fungsi Norma Dalam Masyarakat

Fungsi norma dalam hidup bermayarakat adalah sebagai pedoman dan aturan untuk menciptakan stabilitas. selain itu sebagai dasar dalam memberikan sanksi kepada anggota masyarakat yang melanggar untuk mencapai tujuan bersama.

Manfaat Norma Dalam Masyarakat

Manfaat norma untuk mencegah perselisihan serta meningkatkan kerukunan dalam bermasyarakat. selain itu untuk mengendalikan sikap, ucapan, perktaan dan perilaku melalui teguran hati.

Tujuan Norma Dalam Masyarakat

Tujuan norma dalam hidup bermasyarakat adalah sebagai dasar atau landasan, agar perilaku masyarakat di dalamnya menjadi lebih baik dan tidak melanggar, sehingga merugikan orang-orang di sekitarnya.

Itulah pengertian norma secara umum dan menurut para ahli yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat. bagi kalian yang ingin mencari berbagai informasi tentang arti dan penjelasan dari bentuk kosa kata apapun, belajarpengertian mudah-mudahan bisa membantu. jangan lupa share artikel ini, agar bisa membantu teman-teman kita yang lainya.

Postingan terkait: