Pengertian Kafir Menurut Islam, Menurut Bahasa dan Macam-Macam Kafir

Pengertian Kafir Menurut Islam, Menurut Bahasa dan Macam-Macam Kafir - halo guys, karena hari ini adalah hari jum'at dimana hari yang paling baik dalam islam, admin akan membagikan pengetahuan tentang agama islam, dengan tema utama yaitu "kafir", mulai dari pengertianya menurut agama islam dan bahasa serta jenis dan macam-macam kafir. materi ini masuk kedalam kategori pelajaran agama islam di sekolahan, jadi bagi teman-teman yang mungkin memiliki soal atau tugas tentang apa itu kafir, bisa langsung cari jawabanya di sini.

Pengertian Kafir Menurut Islam, Menurut Bahasa dan Macam-Macam Kafir

Pengertian Kafir Menurut Agama Islam

Dalam islam telah menerangkan dengan sangat jelas tentang kafir, terbukti kafir dengan berbagai bentuk kata disebut sebanyak 525 kali didalam kitab suci al-qur'an. berikut adalah dua diantaranya :

1. Q.S. 2:6-7, yang artinya :
Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

2. Q.S. 2:39, yang artinya :
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Baca Juga : Pengertian Aqidah Menurut Bahasa, Istilah Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Kafir Menurut Bahasa

kafir (bahasa Arab: كافر kāfir; plural كفّار kuffār) yang artinya menolak atau tidak percaya, atau secara singkat kafir adalah kebaikan diri percaya atau beriman.

Pengertian Kafir Menurut Istilah

Secara istilah, kafir adalah mengingkari agama islam yang telah diturunkan allah swt kepada nabi muhammad saw, yang seharusnya dijadikan patokan, dijalankan dan diamalkan malah melupakan dan mengingkarinya.

Kafir Menurut Kamus Bahasa Indonesia

Kafir adalah orang yang tidak percaya kepada Allah dan rasul-Nya, sehingga membuatnya tidak menjalankan perintah dan larangan Allah swt yang telah tertulis jelas di dalam al-qur'an.

Menurut bentuk kata dan sifatnya, kafir memang memiliki banyak makna, sehingga kafir harus dikategorikan menjadi 3 golongan, yaitu :

1. Kafir harbi, yaitu orang kafir yang mengganggu dan mengacau keselamatan Islam sehingga wajib diperangi.

2. kafir muahid, yaitu orang kafir yang telah mengadakan perjanjian dengan umat Islam bahwa mereka tidak akan menyerang atau bermusuhan dengan umat Islam selama perjanjian berlaku.

3. Kafir zimi yaitu orang kafir yang tunduk kepada pemerintahan Islam dengan kewajiban membayar pajak bagi yang mampu.

Macam-Macam Kafir

Seseorang bisa dikatakan kafir kalau dirinya murtad kepada allah, tidak mengakui adanya allah, tidak mengakui dan menjalankan agama yang diturunkan allah swt kepada nabi muhammad saw sebagai tuntunan hidup.

Barang siapa yang murtad di antara kamu dari agamanya lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan merka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. (Al-Baqarah: 217)

Berikut ini adalah berbagai macam-macam bentuk kekafiran yang harus anda ketahui.

- Kafir Inkar
Kafir inkar adalah orang yang tidak mengenal Allah sama sekali dan tidak mau mengakui-Nya.

- Kafir Juhud
Kafir juhud adalah kafirnya seseorang karena tidak mengenal allah dengan hatinya, namun seseorang tersebut tidak mau mengakui atau mengingkrarnya dengan lidahnya seperti kufurnya iblin dan yahudi.

- Kafir Nifaq
Kafir nifaq adalah kafir yang dimana seseorang berikrar dengan lisan atau ucapan bahwa tiada tuhan selain allah, namun didalam hatinya tidak mempercayai sama sekali.

- Kafir Inad
kafir inad, kafir jenis ini pernah dialami oleh abu thalib, yaitu dimana dirinya mengenal allah dengan hatinya dan mengakuinya dengan lisan atau lidah, tapi tidak mau melaksanakan ajaran Nya.

Setelah membaca artikel diatas, admin yakin bahwa anda semua akan sadar diri anda yang sebenarnya, kenapa admin berkata begitu, karena admin sendiri juga merasakan hal yang sama. jadi kesimpulanya, marilah kita semakin mendekatkan diri kepada allah swt, dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi segala laranganya. amin.

Baiklah, demikian adalah penjelasan tentang pengertian kafir menurut islam, bahasa dan istilah yang dapat admin sampaikan, dan semoga bermanfaat. jangan lupa share informasi ini kepada semua orang, agar mereka menjadi orang islam yang sebenarnya. amin.

Postingan terkait: