Pengertian Ideologi, Jenis-Jenis, Tujuan, Fungsi dan Contoh Ideologi

Pengertian Ideologi, Jenis-Jenis, Tujuan, Fungsi dan Contoh Ideologi - sebagai warga negara indonesia kita harus paham dengan apa itu ideologi,  kenapa begitu? karena dengan paham akan ideologi kita bisa hidup rukun, aman, tentram dan adil. ideologi yang digunakan di indonesia sekarang ini adalah pancasila, karena pancasila telah mencangkup nilai-nilai luhur. berbicara mengenai ideologi, pada kesempatan ini admin akan menjelaskan tentang ideologi secara lengkap, jadi silahkan baca artikel dibawah ini sampai akhir.


Pengertian Ideologi

Pengertian ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan dan kepercayaan yang bersifat sistematis, mengarahkan pada tingkah laku menusia dalam menjalani kehidupan dalam suatu negara.

Baca juga : Pengertian Integrasi Nasional Beserta Jenis, Contoh dan Faktonya

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Alfian
Menurut beliau, ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya untuk hidup dalam suatu negara. secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

Gunawan Setiardjo
Menurut beliau ideologi adalah kumpulan ide gagasan aqidah aqliyyah yang melahirkan aturan-aturan baru dalam suatu negara.

C.C. Rodee
C.C Rodee mengemukakan ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

Murdiono
Menurut beliau, ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai-nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

M. Sastra Prateja
Pengertian ideologi menurut beliau adalah perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada suatu tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

Jenis-Jenis Ideologi

Ideologi Komunisme
Ideologi ini merupakan salah satu ideologi besar yang hampir digunakan oleh semua negara di dunia. tercetusnya ideologi ini berasal dari tokoh karl marx dan friederich engels dimana fokus utamanya adalah memperjuangkan hak semua kelas sosial yang ada di dalam masyarakat menjadi kelas sosial yang sama.

Ideologi Kapitalisme
Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Ideologi Anarkisme
Anarkis berarti orang yang mempercayai dan menganut anarki. sedangkan imbuhan isme sendiri memiliki arti faham, ajaran atau ideologi.

Ideologi Liberalisme
Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu.

Ideologi Nasionalisme
Ideologi nasionalisme merupakan ideologi yang menyatakan bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan. nasionalisme sebagai suatu ideologi telah tumbuh dan berkembang sejak berdirinya organisasi-organisasi pergerakan nasional pertama kali, yaitu Boedi Oetomo tahun 1908.

Tujuan Ideologi

Ideologi yang ada pada suatu bangsa tentu saja memiliki banyak peran penting, berikut adalah beberapa contoh tujuan ideologi yang diterapkan dalam seuatu bangsa.

1. Mempersatukan Bangsa
Panca sila adalah ideologi yang digunakan di indonesia, sebagai dasar negara, karena dalam panca sila telah mencangkup nilai-nilai luhur yang dapat mempesatukan bangsa dalam bineka tunggal ika.

2. Membimbing dan Mengarahkan Bangsa Pada Tujuan Bersama
Dengan adanya ideologi dalam suatu negara, tentu akan membuat para penduduknya sadar akan tujuan negara yang sebaik-sebaiknya, seperti bersama-sama menciptakan kemajuan demi kamakmuran.

3. Memberi Arah dan Cita-Cita Bangsa
Bangsa yang hidup bersama dalam suatu negara tentu memiliki cita-cita dan arah tujuan untuk membangun negara tersebut. demi mewujudkan itu semua diperlukan sebuah ideologi negara, untuk mengarahkan rakyat pada satu tujuan.

4. Memberi Pedoman Bagaimana Bangsa itu Membangun Bangsanya.
Ideologi dalam suatu negara sebenarnya untuk memberi pedoman kepada penduduknya, dengan tujuan supaya bangsa tersebut menjadi semakin maju dan semakin berkembang.

Fungsi Ideologi

1. Membentuk identitas atau ciri pada suatu kelompok atau bangsa.
2. Mempersatukan sesama kita.
3. Mengatasi berbagai konflik atau ketegangan sosial.
4. Pembentuk solidaritas.

Orang juga bertanya :

Apa yang dimaksud dengan ideologis?
Apakah ideologi itu?
apa yang dimaksud ideologi?
Apa yang dimaksud dengan definisi ideologi?
Apa pengertian ideologi itu?

Demikian adalah pengertian ideologi, jenis-jenis, fungsi dan tujuan ideologi yang dapat admin sampaikan. semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang memang sedang mengerjakan tugas sekolah yang topiknya tentang ideologi. jangan lupa untuk share artikel ini, jika anda merasa artikel ini membantu, terimaksih.

Postingan terkait: