Pengertian Investasi, Jenis-Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contoh Investasi

Pengertian Investasi, Jenis-Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contoh Investasi - investasi atau biasa juga disebut dengan penanaman modal merupakan bentuk usaha yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. dalam melakukan investasi dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit, bisa sampai ratusan juta bahkan milyaran tergantung dari besar kecilnya proyek atau bentuk usaha tersebut. dalam pelajaran kewirausahaan dan ekonomi, investasi selalu keluar menjadi soal ulangan ataupun ujian, maka dari itu untuk membantu teman-teman semua, dibawah ini admin akan menjelaskan tentang investasi secara lengkap.

Pengertian Investasi, Jenis-Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contoh Investasi

Pengertian Investasi

Investasi adalah istilah yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva degan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. investasi juga terkadang disebut juga dengan penanaman modal.

Baca juga : Pengertian Pajak, Fungsi, Jenis-Jenis Pajak Dan Manfaatnya

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Haming dan Basalamah
Menurut beliau, investasi adalah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dimasa depan atau masa mendatang.

Mulyadi
Menurut beliau, investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan laba dimasa yang akan datang.

Sadono Sukirno
Investasi adalah pengeluaran atau pembelanjaan penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi guna menambah kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Fitz Gerald
Investasi adalah usaha penarikan sumbe-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang. kemudian barang modal tersebut akan menghasilkan alira prduk baru dimasa yang akan datang.

Jenis-Jenis Investasi

Investasi saham
Investasi saham adalah penanaman modal yang dilakukan dengan pembelian beberapa kepemilikan saham pada sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mendanai keperluan dan mendukung jalanya ekonomi, sehingga memberikan keuntungan bagi para penanam modal.

Investasi Reksa Dana
Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat permodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manager investasi dengan reksa dana. siapapun dapat berinvestasi pada berbagai instrumen pasar modal seperti saham dan obligasi.

Investasi Properti
Investasu properti adalah menanamkan modal atau dana serta kemampuan kita kedalam pengembangan properti. investasi properti bisa dimulai dengan membeli tanah atau properti lainya seperti rumah kemudian menyewakan dan menjualnya setelah beberapa tahun.

Investasi Valuta asing (Valas)
Valuta asing atau valas merupakan investasi modern yang cocok untuk para generasi millenial. melakukan hal yang sederhana dengan hasil yang maksimal. investasi ini merupaka investasi mata uang asing yang bisa sangat menguntungkan jika kalian melakukan beberapa hal dengan tepat, salah satunya adalah dalam memilih mata uang asing yang dijadikan intrumen investasi.

Investasi Obligasi
Investasi obligasi adalah investasu dana pinjaman. dalam investasi ini investor membeli surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. contoh sederhananya, investor memberikan pinjaman dana kepada perusahaan atau pemerintah yang diwujudkan dalam bentuk surat investasi.

Fungsi Investasi

Fungsi investasi adalah kurva yang menunjukan hubungan antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional. fungsi investasi dibedakan menjadi dua, yaitu :

1. Sejajar dengan sumbu datar
2. Bentuknya naik keatas kesebelah kanan.

Tujuan Investasi

A. Investasi bertujuan untuk mengurangi persaingan antara perusahaan yang sejenis.
B. Investasi bertujuan untuk menjaga hubungan antara perusahaan.
C. Investasi bertujuan untuk membentuk suatu dana khusus, seperti dana kepentingan ekspansi atau perluasan dan kepentingan sosial.
D.Investasi bertujuan untuk menjamin tersedianya bahan baku dan mendapatkan pasar produksi yang dihasilkan.
E. Investasi bertujuan untuk mendapatkan pendapatan tetap dalam setiap periode, seperti deviden, uang sewa, bunga, royalti, dan lain sebagainya.
F. Investasi bertujuan untuk mengontrol atau mengendalikan perusahaan lain, seperti pemilikan sebagai ekuitas perusahaan.

Contoh Investasi

- Tabungan Bank
Tabungan adalah simpanan yang penarikanya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet, giro atau alat lainya yang dipersamakan dengan itu.

- Deposito
Deposito atau sering juga disebut dengan deposito berjangka merupakan bak sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. dana dalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui lembaga penjamin simpanan (LPS) dengan peryaratan tertentu.

- Forex Trading
Forek tading adalah instrumen investasi perdagangan mata uang asing dengan mata uang asing lainya. keuntungan dalam forek trading diperoleh dari perubahan nilai tukar mata uang tersebut.

- Saham
Saham adalah surat berharga yang menunjukan bagian kepemilikan atau suatu perusahaan. membeli saham berarti anda telah memiliki hak atas kepemilikan perusahaan tersebut.

Nah, demikian adalah informasi penjelasan dari pengertian investasi dan jenis-jenis investasi yang dapat admin berikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan teman-teman semua. jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman sosmed kalian, agar mereka juga dapat manfaatnya, terimakasih.

Postingan terkait: