Pengertian Limbah, Macam-Macam, Dampak dan Pengolahan Limbah

Pengertian Limbah, Macam-Macam, Dampak dan Pengolahan Limbah - mendengar kata limbah tentu dibenak kita semua adalah sesuatu yang dapat merusak lingkungan. limbah dapat menyebabkan pencemaran lingkungan maka dari itu banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk dapat menanganinya. nah, agar teman-teman semua semakin paham dengan apa itu limbah, dibawah ini admin sudah menyediakan artikelnya secara lengkap dan jelas.

Pengertian Limbah, Macam-Macam, Dampak dan Pengolahan Limbah

Pengertian Limbah

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik atau kegiatan rumah tangga sehari-hari. limbah berbahaya sangat lekat sekali dengan kehidupan dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. sampai ada pepatah "dimana masyarakat bermukim, disanalah akan dihasilkan limbah".

Baca juga : Pengertian Ekologi, Manfaat, Jenis dan Contoh Ekologi

Limbah Menurut KBBI

- Sisa proses produksi.
- Bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga
- Barang rusak atau cacat dalam proses produksi dan tidak layak untuk dipasarkan.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Ign Suharto
Menurut beliau, limbah adalah zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari proses kegiatan manusia.

Diah Aryulina
Menurut beliau, pengertian limbah adalah suatu benda atau zat yang mengandung berbagai bahan kehidupan manusia, hewan, serta mahluk hidup lainya.

Cahyono Budi Utomo
Pengertian limbah menurut cahyono budi utomo, limbah adalah benda atau zat yang timbul dari hasil kegiatan manusia yang tidak digunakan lagi sehingga dibuang.

Susilowarno
Limbah merupakan sisa atau hasil sampingan dari kegiatan programsi manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Darmadi
Menurut beliau, limbah adalah produk akhir yang berupa material bangunan dari sebuah proses pencucian, dekontaminasi atau proses metabolisme tubuh, yang didapat berbentuk cairan atau setengah padat.

Macam-Macam Limbah

Berdasarkan sifatnya, limbah dibagi atau dikelompokan menjadi dua, yaitu :

1. Limbah Organik
Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob. limbah organik mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya.

2. Limbah Anorganik
Limbah ini terdiri atas limbah industri atau limbah pertambangan. limbah anorganik berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat di uraikan dan tidak dapat diperbaharui, contohnya botol plastik, tas plastik, kaleng.

Sumber Limbah dan Contohnya

A. Limbah Domestik
Limbah domestik adalah limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga atau pemukiman penduduk dan tempat usaha seperti pasar, restoran dan perkantoran. contoh limbah yang dihasilkan oleh tempat-tempat tersebut adalah sisa makanan, kertas, kaleng, plastik, air deterjen dan tinja.

B. Limbah Industri
Limbah industri adalal limbah buangan hasil industri atau pabrik, contoh limbah yang dihasilkan oleh industri adalah, air bekas produksi, bahan-bahan sisa, limbah gas, polusi udara dari asap, barang bs atau tidak layak jual.

C. Limbah Pertanian
Limbah pertanian adalah limbah yang berasal dari proses pertanian, limbah pertanian biasanya berupa senyawa anorganik dari bahan kimia yang digunakan untuk kegiatan pertanian. contoh dari limbah pertanian adalah, pupuk, pestida, sisa-sisa tumbuhan dan lain sebagainya.

D. Limbah Pertambangan
Limbah pertambangan adalah limbah yang berasal dari kegiatan pertambangan, kandungan limbah ini terutama berupa materi tambang, seperti logam dan batuan.

Dampak Pencemaran Limbah

Setiap hari dalam kehidupan kita tidak pernah jauh dari yang namanya limbah, dari limbah organik ataupun limbah anorganik. nah, dari sekian banyak limbah yang dihasilkan, tentu kalau tidak ditangani secara serius akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia, contohnya sebagai beirkut.

- Gangguan pencernaan seperti diare
- Tifus
- Keracunan akut dan keracunan kronis
- Jamur pada kulit
- Sesak napas
- Gangguan saraf

Pengelolaan Limbah

Pengolahan atau pengelolaan limbah adalah proses penghilangan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga baik limpasan maupun domestik. pengolahan limbah dilakukan untuk mencegah penumpukan limbah yang semakin hari semakin tinggi, sehingga tidak mengganggu lingkungan dan kehidupan manusia. ada beberapa cara penanganan limbah yang sudah dilakukan, yaitu :

1. Daur ulang
Daur ulang limbah atau proses menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah. daur ulang juga dapat mengurangi penggunaan bahan baku yang baru yang mana nantinya akan menambah banyaknya sampah hasil sisanya.

2. Pembuangan Limbah
Cara yang paling umum dilakukan untuk menangani limbah adalah membuangnya ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang jauh dari pemukiman, sehingga tidak mengganggu kesehatan masyarakat disekitarnya. cara ini adalah cara paling lama atau tertua yang dilakukan oleh banyak negara didunia, dan masih dilakukan hingga sekarang.

3. Pengurangan Limbah
Pengurangan limbah dapat dilakukan dengan hal kecil, seperti mengurangi pemakaian botol air minum dan penggunaan kantong kresek sebagai alat untuk wadah barang-barang belanjaan.

Karakteristik limbah

- Berukuran mikro
Limbah berukuran mikro adalah limbah yang berukuran kecil dan tidak bias terlihat, contohnya adalah bahan-bahan kimian yang sudah tidak terpakai dan dibuang begitu saja tidak sesuai dengan prosedur.

- Berdampak luas
Luasnya dampak yang ditumbulkan, karena tidak dirasakan langsung, tapi berkesinambungan. oleh limbah merupakan efek dari limbah berukuran kecil dan bias oleh mata atau limbah mikro.

- Dinamis
Dinamis disini adalah, pencemaran limbah tidak dalam waktu singkat namun secara perlahan dan berkala, namun lama kelamaan akan meluas dan mengakibatkan pencemaran yang cukup fatal.

- Berdampak jangka panjang
Maskudnya disini adalah, dampak yang ditimbulkan oleh limbah terutama limbah kimia tidak sekedar berdampak pada orang yang terkena, tetapi dapat mengakibatkan generasinya mengalami hal serupa dan ikut merasakanya.

Orang juga bertanya :

Apa yang dimaksud limbah dan bahan limbah?
Apa yang dimaksud dengan limbah secara umum?
Jelaskan apa yang dimaksud dengan limbah lunak?
Apa yang dimaksud dengan pengelolaan limbah?

Demikianlah penjelasan ataupun pembahasan tentang pengertian limbah menurut para ahli dan macam-macam limbah yang dapat admin sampaikan. semoga dengan adanya artikel, masyarkat menjadi paham akan limbah, dan dampaknya bagi kesehatan. maka dari itu, jangan lupa share atau bagikan artikel ini kepada semua orang dan sosial media.

Postingan terkait: