Pengertian Ekologi, Manfaat, Jenis dan Contoh Ekologi

Pengertian Ekologi, Manfaat, Jenis dan Contoh Ekologi - materi pelajaran yang akan kita bahas kali ini adalah ipa, admin akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan ekologi. jangan sampai salah, ekologi dan ekosistem itu berbeda, hanya saja banyak memiliki hubungan yang sangat saling berpengaruh. selengkapnya tentang ekologi, mulai dari jenis manfaat dan contohnya bisa teman-teman simak pada artikel berikut ini.

Pengertian Ekologi, Manfaat, Jenis dan Contoh Ekologi

Pengertian Ekologi

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainya. ekologi berasal dari kata yunani "oikos" dan "logos", diartikan sebagai ilmu yang mempelajari  interaksi antara makhluk hidup dengan lingkunganya.

Baca juga : Pengertian Bakteri, Ciri-ciri, Peranan, Struktur dan Jenis-Jenis Bakteri

Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru, yang baru muncul pada tahun 70-an. akan tetapi, ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli


1. Miller
Menurut beliau ekologi merupakan studi tentang hubungan timbal balik antara orgenisme serta sesamanya dan juga lingkunganya.

2. Resosoedarmo
Menurut resosoedarmo ekologi adalah suatu studi yang mempelajari tentang interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkunganya.

3. Andrewartha
Menurut beliau ekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

4. Krebsekologi
Menurut krebsekologi, ekologi merupakan suatu studi pengetahuan yang membahas suau hubungan menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

5. Eugene P. Odum
Menurut eugene p. odum, ekologi adalah suatu kejian tersetrukur serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga interaksi diantara sesama orgenisme dengan lingkunganya.

Manfaat Ekologi Bagi Kehidupan

- Dapat membuat kita mengenal lebih banyak keanekaragaman hayati.
- Dapat membuat kita mengenal lebih jauh makhluk hidup.
- Dapat membantu memecahkan masalah pangan.
- Dapat Membantu memecahkan masalah energi.
- Dapat membantu memecahkan masalah kesehatan.
- Dapat membuat proses indutri yang lebih maju.

Jenis-Jenis Ekologi

Ekologi Hutan
Ekologi hutan merupakan studi yang mempelajari ataupun meneliti interaksi antara makhluk hiudup dengan lingkunganya yaitu didalam hutan.

Ekologi Laut
Ekologi laut adalah studi yang mempelajari tentang ekosistem air laut. ekologi ini dibedakan atas lautan, pantai, terumbu karang dan padang lamun.

Ekologi Estuari
Ekologi estuari atau muara merupakan tempat bertemunya antara sungai dan air laut. estuari sering dibatasi lempengan lumpur yang luas, nutrien didalam sungai yang masuk kelaut akan memperkaya estuari.

Ekologi Padang Lamun
Lamu pada umumnya membentuk padang lamun yang sangat luas didasar laut yang masih bisa dijangkau oleh cahaya matahari yang memenuhi bagi pertumbuhanya. lamun sendiri hidup diperairan dangkal kedalaman antara 2 sampai 12 meter. lamun akan tumbuh dengan baik jika terkenal sirkulasi udara dan cahaya matahari dan air yang cukup.

Prinsip-Prinsip Ekologi

Ekologi memiliki beberapa prinsip-prinsip utama demi terjaganya kealamian dalam sebuah ekosisitem, berikut adalah prinsip-prinsip tersebut.

- Interaksi
- Saling ketergantungan
- Keanekaragaman
- Keharmonisan
- Kemampuan berkelanjutan

Orang juga bertanya :

Apa itu ekologi pdf?
Apa hubungan antara ekologi dan ekosistem?
Apa yang dimaksud dengan Ekologi Tanaman?
Apa manfaat mempelajari ekologi?
Apa yang dimaksud dengan Ekologi Perairan?
Apa yang dimaksud dengan embriologi?

Demikian adalah materi pengertian ekologi menurut para ahli, manfaat dan jenis ekologi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya. ayo belajar pengertian bersama untuk menambah wawasan kita.

Postingan terkait: